PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS PUISI BEBAS OLEH KELAS VIII SMP NASRANI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh media visual terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Pada Siswa Kelas VIII SMP Nasrani 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan populaso yang berjumlah 60 orang dan sampel berjumlah 30 siswa pada setiap kelas VIII SMP Nasrani 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif atau juga disebut dengan metode discovery, uaitu menentukan dan menganalisis data dengan konkret atau empiris, objektif, terukur, rasional dan sistematis dengan memaparkan kejadian pada dua variable yang diteliti. Sesuai dengan metode kuantitatif ini yang berusaha menyajikan data dalam suatu penelitian yang sedang berlangsung.
Perhitungan hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji “t” pada taraf siginifikan α = 0,05. Dari data perhitungan thitung > ttabel yaitu 4,1026 > 2,0021. Oleh karena itu, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis altenatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media berbasis visual terhadap kemampuan menulis teks puisi pada siswa kelas VIII SMP Nasrani 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.