Show simple item record

dc.contributor.authorTarigan, Rupiyanna
dc.date.accessioned2019-12-03T07:30:44Z
dc.date.available2019-12-03T07:30:44Z
dc.date.issued2019-09-20
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3501
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model sinektik terhadap kemampuan menulis poster siswa kelas VIII SMP N 31 Medan T.P 2019/2020 dengan menerapkan model sinektik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 31 Medan T.P 2019/2020 yang terdiri dari 9 kelas dengan keseluruhan populasi kelas VIII yaitu 270 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 60 siswa dengan total 2 kelas yang dipilih secara clauster sampling yaitu kelas VIII-8 dan VIII-9. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa teks penugasan menulis poster. Dari analisa yang diperoleh hasil data siswa dari kelas control menggunakan metode pembelajaran konvensional menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 60 sedangkan hasil data siswa pada kelas eksperimen menggunakan model sinektik menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 81. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 7,55 sedangkan nilai ttabel pada taraf siginifikan α = 0,05 adalah 2,0021. Oleh sebab itu diperoleh thitung>ttabel (7,9853>2,0021) maka hipotesis alterative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model sinektik sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa menulis poster.en_US
dc.subjectModel Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Posteren_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MODEL SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS POSTER OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record