dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Doloksanggul Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 10 kelas dengan keseluruhan populasi kelas XI yaitu 353 siswa, Dari Populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 72 siswa dengan total dua kelas yang dipilih secara cluster sampling, yaitu kelas XI IPA-1 dan XI IPA-3. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa teks penugasan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.
Dari analisis yang diperoleh hasil data siswa dari kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 60,97 sedangkan hasil data siswa pada kelas eksperimen menggunakan metode Index Card Match (Mencari Pasangan Kartu) menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 77,50. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 2,3780, sedangkan nilai ttabel pada α = 0.05 adalah 1,6669. Oleh sebab itu diperoleh thitung > ttabel (2,3780>1,6669) maka hipotesis alternative (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Index Card Match (Mencari Pasangan Kartu) berpengaruh dalam meningkatkan kegiatan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. | en_US |