Pengaruh Teknik Critical Incident terhadap Kemampuan Menelaah Unsur-unsur Pembangun Teks Puisi oleh Siswa SMP Negeri 2 Parapat Tahun Pembelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Critical incident (pemecahan masalah kritis) terhadap kemampuan menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi oleh siswa SMP Negeri 2 Parapat tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Parapat tahun pembelajaran 2019/2020 berjumlah 192. Sampelnya 32 siswa dengan menggunakan clauster sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain One Group Pre-test Post-tes Design dan instrumen penelitiannya adalah Menelaah Unsur-unsur Pembangun Teks Puisi, yang berbentuk tes esai. Dari analisa data diperoleh hasil pre-test siswa sebelum menggunakan teknik critical incident sebesar 46,34, sedangkan hasil pos-test siswa sesudah menggunakan teknik critical incident nilai rata-rata siswa sebesar 79,03.
Hasil uji hipotesis harga t₀ = 19,34 sedangkan nilai t₀ >〖 t〗_tabel (19,34 > 2,38). Maka hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa teknik critical incident berpengaruh secara signifikan dalam menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Parapat Tahun Pembelajaran 2019/2020.