Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Parulian 2 Medan yang berjumlah 90 orang siswa dengan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah total sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Parsial (uji-t), Uji Simultan (uji-F), dan Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kebiasaan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar; 2) Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar; 3) Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]