dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan dapat menjelaskan pengaruh literasi ekonomi dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Stambuk 2017 Universitas HKBP Nommensen Medan. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik random sampling dengan jumlah sampel 79 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuisioner, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, dengan uji hipotesis uji t statistic dan uji f. Hasil analisis awal yang dilakukan menunjukkan bahwa indikator yang digunakan valid untuk mengukur variabel yang ada. Hasil analisis selanjutnya menunjukkan bahwa kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini dapat menjelaskan 57,6% variasi prestasi belajar mahasiswa, sedangkat 42,4% sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 18,358. Hal ini menunjukkan bahwa nilai dari Fhitung > Ftabel , maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel. Oleh karena itu, dapat peneliti simpulkan hipotesis pada penelitian ini yaitu “literasi ekonomi dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap prestasi belajar”. | en_US |