dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan komunikasi guru dalam proses belajar mengajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IX SMP NEGERI 13 MEDAN T.A 2019/2020 . Jenis penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah random sampling. Alat pengumpulan data adalah angket dan Dokumentasi DKN (Daftar Kumpulan Nilai) mata pelajaran IPS. Hasil perhitungan regresi linear sederhana yang dilihat dari ouput SPSS 25 fo windows diperoleh Y = 72,985 + 0,159 X. Kemampuan komunikasi guru dalam proses belajar mengajar dapat menerangkan sebesar 17% terdapat prestasi belajar IPS yang ditunjukkan pada koefisien determinasi 0,170, dan sisanya dipengaruhi oleh variable lain. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variable kemampuan komunikasi guru (X) diperoleh nilai thitung Sebesar 3,970 > ttabel1,991 dengan taraf signifikan 95% (α=0,05) dengan df = n – 2 = 79 =77.
Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi guru dalam proses belajar mengajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IX SMP Negeri 13 Medan T.A 2019/2020 dapat diterima. | en_US |