• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII SMP NEGERI 21 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Lestina Norasari Girsang.pdf (264.4Kb)
    Date
    2019-10-11
    Author
    Girsang, Lestina Norasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Siswa Menemukan Gagasan Utama Pada Teks Deskripsi di Kelas VII SMP Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini akan dilakukan di SMP Negeri 21 Medan yang beralamat di Jln. Bunga Rampe, Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negeri 21 Medan yang berjumlah 192 Orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Instrumen penelitian berupa penugasan, dilakukan dua (2) kali yakni pre-testdan post-test. Sebelumnya melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan pengujian data, kemudian uji persyaratan analisis (normalitas dan homogenitas). Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan pada pre-test dengan mean=53,12, Standar Deviasi =8,95. Uji normalitas pre-test Lhitung < Ltabel yaitu (0,1331)<(0,1568) normal, sedangkan pada post-test dengan mean= 71,65, Standar Deviasi= 9,52 dan pada uji normalitas post-test Lhitung < Ltabel yaitu 0,1293 < 0,1568 keduanya normal. Kemudian pada uji homogenitas harga diperoleh Fhitung sebesar 1,128 dan harga Ftabel sebesar 1,697.Fhitung> Ftabel jadi (7,918>1,671), kedua data homogen, uji hipotesis hasil thitung = 13,43 dan ttabel = 1,671, maka diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu (7,918 ˃ 1,671). Berdasarkan hal di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share memiliki pengaruh terhadap kemampuan siswa menemukan gagasan utama pada teks deskripsi di kelas VII SMP Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3390
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback