PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII SMP NEGERI 21 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Siswa Menemukan Gagasan Utama Pada Teks Deskripsi di Kelas VII SMP Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini akan dilakukan di SMP Negeri 21 Medan yang beralamat di Jln. Bunga Rampe, Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negeri 21 Medan yang berjumlah 192 Orang.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Instrumen penelitian berupa penugasan, dilakukan dua (2) kali yakni pre-testdan post-test. Sebelumnya melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan pengujian data, kemudian uji persyaratan analisis (normalitas dan homogenitas).
Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan pada pre-test dengan mean=53,12, Standar Deviasi =8,95. Uji normalitas pre-test Lhitung < Ltabel yaitu (0,1331)<(0,1568) normal, sedangkan pada post-test dengan mean= 71,65, Standar Deviasi= 9,52 dan pada uji normalitas post-test Lhitung < Ltabel yaitu 0,1293 < 0,1568 keduanya normal. Kemudian pada uji homogenitas harga diperoleh Fhitung sebesar 1,128 dan harga Ftabel sebesar 1,697.Fhitung> Ftabel jadi (7,918>1,671), kedua data homogen, uji hipotesis hasil thitung = 13,43 dan ttabel = 1,671, maka diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu (7,918 ˃ 1,671).
Berdasarkan hal di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share memiliki pengaruh terhadap kemampuan siswa menemukan gagasan utama pada teks deskripsi di kelas VII SMP Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.