PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE TERHADAP KEMAMPUANMENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIDAMANIK TAHUNPEMBELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui Pengaruh Model Prediction Guide Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi PadaSiswaKelasVII SMPNegeri1 SidamanikTahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitianini dilaksanakan di SMPNegeri1 Sidamanik Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri9kelas dengankeseluruhanpopulasikelasVII yaitu288siswa. Dari populasitersebutditetapkansampelsebanyak64siswadengan total duakelasdipilihsecaracluster sampling yaitukelasVII-e danVII-g.Teknikpengumpulan data yang digunakanuntuk mengkurhasil belajarsiswa adalahberupaessay penugasan.Teknikanalisis data yang digunakanyaituuji Normalitasmenggunakanuji F, ujiHomogenitas danuji Hipotesis menggunakanuji”t”.
Hipotesis dalam penelitianini di ujidenganuji “t” padatarafsignifikan α=0,05. Dari data perhitunganthitung>ttabel6,779>1,9993). Dengandemikianhipotesisnihil(Ho) ditolakdanHipotesis alternative (Ha) diterima.
Berdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwa ModelPredictionGuided apatmeningkatkanhasilbelajarsiswadalam menulisteksdeskripsi.