Efektivitas Strategi Omaggio Terhadap Kemampuan Siswa Menyimak Teks Cerita Sejarah Siswa Kelas XII SMK Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri 7 kelas dengan keseluruhan populasi kelas XII yaitu 196 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 56 siswa dengan total dua kelas pilihan secara cluster sampling yaitu kelas XII TGB 2 dan XII TGB 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa essay penugasan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan Uji Hipotesis menggunakan uji “t”.
Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan uji “t” pada taraf signifikan α=0,05.
Dari data perhitungan t_(hitung > ) t_tabel (4,030>1,668). Dengan demikian hipotesis nihil (H_0) ditolak dan Hipotesis alternative (H_a) diterima.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Omaggio dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyimak teks cerita sejarah.