• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Eksplanasi Siswa di Kelas XI SMK Negeri 1 Parbuluan Tahun Pembelajaran 2019/2020.

    Thumbnail
    View/Open
    Mastaida Kudadiri.pdf (292.6Kb)
    Date
    2019-10-11
    Author
    Kudadiri, Mastaida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran ARIAS terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Eksplanasi di Kelas XI SMK Negeri 1 Parbuluan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini akan dilakukan di SMK Negeri 1 Parbuluan yang beralamat di Jln. Dolok Sanggul Desa Lae Hole, Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK Negeri 1 Parbuluan yang berjumlah 150 Orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Instrument penelitian berupa penugasan, dilakukan dua (2) kali yakni pre-test dan post-test. Sebelumnya melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan pengujian data, kemudian uji persyaratan analisis (normalitas dan homogenitas). Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan pada pre-test dengan mean =64,96, Standar Deviasi =10,50 dan Standar Error =2,14. Uji normalitas pre-test Lhitung < Ltabel yaitu (0, 1469) < (0,1730) normal, sedangkan pada post-test dengan mean= 76,32, StandarDeviasi=8,75 danStandarError=1,78 danpadaujinormalitaspost-test Lhitung < Ltabel yaitu 0,1679 < 0,1730 keduanya normal. Kemudian pada uji homogenitas harga diperoleh Fhitung sebesar 1,440 dan harga Ftabel sebesar 1,708. Fhitung < Ftabel jadi (1,440 < 1,708), kedua data homogen, uji hipotesis hasil thitung= 4,086 dan ttabel= 1,684, maka diperoleh thitung˃ ttabel yaitu (4,086 ˃ 1,684). Berdasarkanhal di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa menulis teks eksplanasi di kelas XI SMK Negeri 1 Parbuluan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3270
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback