Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Eksplanasi Siswa di Kelas XI SMK Negeri 1 Parbuluan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran ARIAS terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Eksplanasi di Kelas XI SMK Negeri 1 Parbuluan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini akan dilakukan di SMK Negeri 1 Parbuluan yang beralamat di Jln. Dolok Sanggul Desa Lae Hole, Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK Negeri 1 Parbuluan yang berjumlah 150 Orang.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Instrument penelitian berupa penugasan, dilakukan dua (2) kali yakni pre-test dan post-test. Sebelumnya melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan pengujian data, kemudian uji persyaratan analisis (normalitas dan homogenitas).
Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan pada pre-test dengan mean =64,96, Standar Deviasi =10,50 dan Standar Error =2,14. Uji normalitas pre-test Lhitung < Ltabel yaitu (0, 1469) < (0,1730) normal, sedangkan pada post-test dengan mean= 76,32, StandarDeviasi=8,75 danStandarError=1,78 danpadaujinormalitaspost-test Lhitung < Ltabel yaitu 0,1679 < 0,1730 keduanya normal. Kemudian pada uji homogenitas harga diperoleh Fhitung sebesar 1,440 dan harga Ftabel sebesar 1,708. Fhitung < Ftabel jadi (1,440 < 1,708), kedua data homogen, uji hipotesis hasil thitung= 4,086 dan ttabel= 1,684, maka diperoleh thitung˃ ttabel yaitu (4,086 ˃ 1,684).
Berdasarkanhal di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa menulis teks eksplanasi di kelas XI SMK Negeri 1 Parbuluan Tahun Pembelajaran 2019/2020.