dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir Terhadap Kemampuan Menulis teks cerpen Oleh Siswa Kelas X SMA Budi Murni 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini sebanya 240 siswa dan menjadi sampel pnelitian ini adalah 40 siswa
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen Yaitu digunakan untuk mengetahui strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir.
Dari analisis data, diperoleh hasil pretest siswa sebelum menggunakan strategi peningkatan kemampuan berpikir rata-rata 60,92, sedangkan hasil posttest sesudah menggunakan kemampuan menulis teks cerpen sebesar 68,92.
Hasil uji hipotesis dengan uji t di peroleh harga thitung 7,21 sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikan α = 0,5 adalah 1,75 oleh sebab itu diperoleh thitung>ttabel = 0,011,69. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis altenatif (Ha) diterima.
Demikian dapat dinyatakan bahwa strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerpen. | en_US |