dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Teknik Pembelajaran Kancing Gemerincing Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Eksposisi di Kelas X SMK Negeri 1 Parbuluan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini akan dilakukan di SMK Negeri 1 Parbuluan yang beralamat di Jln. Dolok Sanggul Desa Lae Hole, Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK Negeri 1 Parbuluan yang berjumlah 210 Orang.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Instrument penelitian berupa penugasan, dilakukan dua (2) kali yakni pre-test dan post-test. Sebelumnya melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan pengujian data, kemudian uji persyaratan analisis (normalitas dan homogenitas).
Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan pada pre-test dengan mean=60,14, Standar Deviasi =7,61 dan Standar Error=1,30. Uji normalitas pre-test Lhitung < Ltabel yaitu (0,0985) < (1,499) normal, sedangkan pada post-test dengan mean= 82,14 Standar Deviasi= 8,81 dan Standar Error=1,51 dan pada uji normalitas post-test Lhitung < Ltabel yaitu (0,1007 < 0,1499) keduanya normal. Kemudian pada uji homogenitas harga diperoleh Fhitung sebesar 1,3403 dan harga Ftabel sebesar 1,6710. Fhitung < Ftabel jadi (1,3403<1,6710), kedua data homogen, uji hipotesis hasil thitung = 11,05 dan ttabel = 1,6710, maka diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu (11,05 ˃ 1,6701).
Berdasarkan hal di atas dapat disimpulkan bahwa Teknik pembelajaran Kancing Gemerincing memiliki Efektivitas yang signifikan terhadap kemampuan siswa menulis teks eksposisi di kelas X SMK Negeri 1 Parbuluan Tahun Pembelajaran 2019/2020. | en_US |