dc.description.abstract | Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Estafet Writing terhadap keterampilan siswa menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sidikalang tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas XI IIS SMA Negeri 2 Sidikalang tahun ajaran 2019/2020, yang terdiri atas 4 kelas yang berjumlah 120 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 30 orang yakni kelas XI IIS1 yang dipilih secara cluster sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis teks observasi siswa. Dalam memperoleh data, instrumen yang digunakan adalah tes penugasan.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil nilai pretest siswa sebelum menggunakan metode Estafet Writing menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 54,17 sedangkan, hasil nilai posttest siswa sesudah menggunakan metode Estafet Writing menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 81,1 Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga thitung = 21,504 sedangkan nilai ttabel = 2,048 pada taraf signifikan α = 0,05 adalah 2,048. Oleh sebab itu, diperoleh thitung > ttabel (21,504 > 2,048). Maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa metode Estafet Writing efektif digunakan sebagai metode pembelajaran siswa dalam menulis cerpen kelas XI SMA Negeri 2 Sidikalang tahun ajaran 2019/2020. | en_US |