• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Means End Analysis (Analisis Akhir) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tigabinanga Tahun Pembelajaran 2019/2020.

    Thumbnail
    View/Open
    Silpia Maranata Ginting.pdf (213.5Kb)
    Date
    2019-10-01
    Author
    Ginting, Silpia Maranata
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Means End Analysis (Analisis Akhir)Terhadap Kemampuan menulis Teks Eksposisi Oleh Kelas X SMA Negeri 1 Tigabinanga Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jumlah populasi terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 248 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 30 orang dengan kelas yang terpilih menggunakan teknik cluster sampling. Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan siswa menulis teks eksposisi. Untuk memperoleh data , instrument yang digunakan adalah tes penugasan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Tigabinanga dalam menulis teks eksposisi sebelum menggunakan model pembelajaran Means End Analysis (Analisis Akhir) memiliki kategori Cukup dengan memperoleh nilai rata-rata 64.66. Sedangkan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Tigabinanga dalam menulis teks eksposisi setelah menggunakan model pembelajaran Means End Analysis (Analisis Akhir) memiliki kategori Baik dengan nilai rata-rata 80.13 Berdasarkan uji normalitas hasil Post-test dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji “t” yang diperoleh t_0 = 6.52. selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel taraf signifikan 5% dengan taraf df = (N + N) – 2 = (30+30)- 2 = 50. Dari df 58 diperoleh t_(tabel )= 2.000 Dengan demikian t_(hitung )> t_tabel yakni 6.52 > 2.000, maka hipoteis alternative diterima (Ha) dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3264
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback