Pengaruh Metode Poster Comment Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Iklan di Kelas VIII SMP Negeri 2 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 4 kelas dengan keseluruhan 128 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 32 siswa dengan total satu kelas yang dipilih secara Cluster Sampling yaitu kelas VIII-1. Pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah dalam tes penugasan menulis teks iklan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, meggunakan uji f, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji “t”.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji “t” pada taraf nyata yang signifikan α=0.05. Dari perhitungan L_(hitung >L_tabel ) = 56,08>0,1568. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa metode Poster Comment berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulis teks iklan di kelas VIII SMP Negeri 2 Sidikalang 2019/2020.