Show simple item record

dc.contributor.authorSimbolon, Martha Saida
dc.date.accessioned2019-11-19T07:28:21Z
dc.date.available2019-11-19T07:28:21Z
dc.date.issued2019-09-10
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3194
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IX SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Adapun jumlah respondent kelas IX SMP Swasta GkPI Padang Bulan Medan adalah 51 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik total sampling. Uji instrument angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah, uji normalitas data uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji parsial (uji t) uji simultan (uji F), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini yaitu adanya hubungan yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar, adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dan adanya pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prstasi belajar siswa kelas IX SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Sebagai akhir penelitian penulis penulis menyampaikan saran kepada sekolah agar mengarahkan siswa untuk meneladani siswa yang memiliki motivasi belajar untuk meningkatkan prestasi siswa dalam mencapai tujuannya.en_US
dc.subjectStatus SosialEkonomi Orang Tua,en_US
dc.subjectmotivasi belajar,en_US
dc.subjectPrestasi belajaren_US
dc.titlePengaruh Status Sosial Ekonomi orang tua dan Motivasi belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas IX SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record