dc.description.abstract | Pengaruh Pemberian Reward Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sisiwa Kelas VIII SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun Ajaran 2019/2020 Semester Ganjil. Penelitian dilaksanakan di SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan di Jl. Letjen Jamin Ginting Komplek Padang Bulan, Padang Bulan, Kec.Medan Baru, Kota Medan Prov. Sumatera Utara pada Semester Genap T.A.2019/2020 di kelas X. Populasi seluruh siswa kelas VIII pada mata pelajaran Ekonomi di SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan dengan jumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling (total seluruh sampel dan populasi sama) terdiri dari 3 kelas yaitu sebanyak 90 siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan instrument angket tertutup sebanyak 20 soal setiap variabel bebas, yang sebelumnya telah di uji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dimana r squeare sebesar 82%. Uji hipotesis secara Parsial ( Uji t) untuk variabel pemberian reward (X_1) diperoleh t_hitung>t_tabel (7,282 > 1,987) dan nilai signifikansi α = (0,000 < 0,05) dan variabel minat belajar (X_2) diperoleh nilai t_hitung>t_tabel (2,648 > 1,978) dan nilai signifikansi α = (0,020 < 0,05). Berdasarkan uji simultan (Uji F) diperoleh nilai F_hitung>F_tabel (3,942 > 3,101) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05), artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian reward (X_1) dan minat belajar (X_2) terhadap prestasi belajar (Y) siswa kelas VIII di SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan pada Mata Pelajaran Ekonomi T.A. 2019/2020 dan artinya hipotesis, pertama, kedua dan ketiga diterima. | en_US |