Hubungan Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana Hubungan Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Prestasi Belajar, dimana sampel yang digunakan terdiri dari 66 siswa, maka diambil semua sampelnya yaitu seluruh kelas XI berjumlah 66 siswa. Alat pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis korelasi parsial dan pengujian hipotesis. Setelah data diperoleh, kemudian dilakukan pengujian hipotesis yaitu uji t dan uji F, untuk uji t apabila thitung ≥ ttabel maka hipotesis dapat diterima. Untuk uji F diperoleh hasil fhitung ≥ ftabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar (X1) dan pemanfaatan perpustakaan sekolah (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hubungan motivasi belajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020 memiliki hubungan yang positif dan signifikan.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]