dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Medan Tahuan Ajaran 2019/2020 pada bulan juli 2019 dengan populasi 86 orang yang terdiri dari 3 kelas dan sampel 86 orang dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket.
Hasil perhitungan regresi linear berganda dengan menggunakan koefisien konstanta a dan b sehingga diperoleh Y =9,496+ 0,497X1 + 0,747X2
Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t diperoleh t_hitung variabel X1 sebesar 4,028 lebih besar dari t_tabel>1,663, dan t_hitung variabel X2 sebesar 5,743 lebih besar dari t_tabel 1,663 untuk menguji hipotesis simultan (F) sebesar 58,015 lebih besar dariF_tabel2,71 Hasil analisis selanjutnya bahwa kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini dapat menjelaskan 58,3% variasi prestasi belajar, sedangkan 41,7% sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS Negeri 10 Medan tahun ajaran 2019/2020. | en_US |