dc.description.abstract | Ekonomi dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Imelda Medan di jln.Bilal No.24,52, Pulo Brayan Darat I, Medan Timur, Kota Medan Sumatera Utara pada semester Genap T.A 2018/2019 di kelas X. Populasinya seluruh siswa kelas X pada maat pelajaran Ekonomi di SMA Swasta Imelda Medan dengan jumlah 79 siswa. Teknik pengumpulan sampel adalah total sampling (total seluruh sampel dan populasi sama) terdiri dari 3 kelas yaitu sebanyak 79 siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan instrument angket tertutup sebanyak 18 dan 19 soal untuk setiap variable bebas, yang sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dimana r square sebesar 0,721.Uji hipotesis secara parsial (Uji t) untuk variabel status social ekonomi (X1) diperoleh nilai t_hitung>t_tabel (2,577>1,991) dan nilai signifikan (0,012<0,05) dan variabel perhatian orang tua (X2) diperoleh nilai〖 t〗_hitung>t_tabel (2,052>1,991) dan nilai signifikan (0,044<0,05). Berdasarkan uji simulta (Uji F) diperoleh nilai F_hitung>F_tabel (98,200>3,121) dan nilai signifikan α =(0,000<0,05), artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara status social ekonomi (X1) dan perhatian orang tua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) siswa kelas X di SMA Swasta Imelda Medan pada Mata Pelajaran Ekonomi T.A 2018/2019 dan artinya bahwa hipotesis pertama, kedua, dan ketiga diterima. | en_US |