• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Devi Yulis Rajagukguk.pdf (276.3Kb)
    Date
    2019-08-14
    Author
    Rajagukguk, Devi Yulis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI-IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IPS di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020 berjumlah 66 orang yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus teknik total sampling dan diperoleh sampel sebanyak 66 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel kreativitas belajar (X1) diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,698 > 1,668) dan nilai signifikan < 0,05 (0,009 < 0,05) berarti variabel tersebut memiliki pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Kemudian untuk variabel motivasi belajar, nilai t hitung > t tabel (12,329 > 1,668) dan nilai signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05) berarti variabel tersebut memiliki pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Untuk uji F diperoleh nilai f hitung > f tabel (357,710 > 3,99) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 berarti hipotesis diterima menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis regresi linier berganda yaitu Y = 6,236 + 0,183X1 + 0,784X2 menunjukkan bahwa kreativitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,919 atau 91,9 % menunjukkan bahwa pengaruh kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 91,9 %. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI-IPS di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020 terbukti diterima.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3141
    Collections

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback