Pengaruh Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI-IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IPS di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020 berjumlah
66 orang yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus teknik total sampling dan diperoleh sampel sebanyak 66 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel kreativitas belajar (X1) diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,698 > 1,668) dan nilai
signifikan < 0,05 (0,009 < 0,05) berarti variabel tersebut memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan antara kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Kemudian untuk variabel
motivasi belajar, nilai t hitung > t tabel (12,329 > 1,668) dan nilai signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05)
berarti variabel tersebut memiliki pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar
terhadap prestasi belajar siswa. Untuk uji F diperoleh nilai f hitung > f tabel (357,710 > 3,99) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 berarti hipotesis diterima menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis regresi linier berganda yaitu Y = 6,236 + 0,183X1 + 0,784X2 menunjukkan bahwa kreativitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,919 atau 91,9
% menunjukkan bahwa pengaruh kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 91,9 %. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI-IPS di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020 terbukti diterima.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR LINGKUNGAN BELAJAR DAN KOMPENTENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPSSMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN AJARAN2018/2019
Adella, Audita (2018-09-11)Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriktif dengan populasi sebagian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti yaitu sebanyak 90 siswa dari tiga kelas dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ... -
Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil.
Sinaga, Pangeran Tigor Hasahatan (2018-10-05)Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil. Penelitian ... -
Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Katolik Tri Sakti Medan T.A 2018/2019
Hutahaean, Grace Angelina (2019-04-08)Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa serta kurang dan tidak baiknya fasilitas belajar juga motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan ...