• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Devi Yulis Rajagukguk.pdf (276.3Kb)
    Date
    2019-08-14
    Author
    Rajagukguk, Devi Yulis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI-IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IPS di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020 berjumlah 66 orang yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus teknik total sampling dan diperoleh sampel sebanyak 66 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel kreativitas belajar (X1) diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,698 > 1,668) dan nilai signifikan < 0,05 (0,009 < 0,05) berarti variabel tersebut memiliki pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Kemudian untuk variabel motivasi belajar, nilai t hitung > t tabel (12,329 > 1,668) dan nilai signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05) berarti variabel tersebut memiliki pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Untuk uji F diperoleh nilai f hitung > f tabel (357,710 > 3,99) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 berarti hipotesis diterima menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis regresi linier berganda yaitu Y = 6,236 + 0,183X1 + 0,784X2 menunjukkan bahwa kreativitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,919 atau 91,9 % menunjukkan bahwa pengaruh kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 91,9 %. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI-IPS di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.A 2019/2020 terbukti diterima.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3141
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [277]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENGARUH MOTIVASI BELAJAR LINGKUNGAN BELAJAR DAN KOMPENTENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPSSMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN AJARAN2018/2019 

      Adella, Audita (2018-09-11)
      Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriktif dengan populasi sebagian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti yaitu sebanyak 90 siswa dari tiga kelas dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ...
    • Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil. 

      Sinaga, Pangeran Tigor Hasahatan (2018-10-05)
      Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil. Penelitian ...
    • Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Katolik Tri Sakti Medan T.A 2018/2019 

      Hutahaean, Grace Angelina (2019-04-08)
      Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa serta kurang dan tidak baiknya fasilitas belajar juga motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan ...

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback