Pengaruh Pendapatan Orangtua dan Motivasi Belajar Siswa Tehadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Ekonomi Kelas XI SMAN 1 Kualuh Hulu 2019/2020.
Abstract
Penelitian ini dirancang sebagai penelitian korelasional. Sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian serta hipotesis, diidentifikasikan sebanyak 3 (tiga) variabel yang diteliti, meliputi: pendapatan orangtua (X1), motivasi belajar siswa (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 berjumlah 55 orang siswa dengan sampel yang ditentukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis jalur atau (path Analisis) dengan bantuan program aplikasi SPSS 23.00 for windows.
Berdasarkan hipotesis penelitian dapat dijelaskan bahwa (1) ada pengaruh langsung antara pendapatan orangtua terhadap prestasi belajar siswa, berarti semakin tinggi pendapatan orangtua semakin tinggi prestasi belajar siswa dikarenakan sarana dan prasarana menunjang kegiatan belajar siswa. (2) ada pengaruh langsung antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, berarti semakin tinggi dan baik motivasi yang diterima siswa berupa motivasi intern dan motivasi ekstern dari berbagai pihak maka prestasi belajar siswa akan semakin baik dan tinggi. (3) ada pengaruh langsung antara pendapatan orangtua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini memberikan implikasi praktis. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa maka pendapatan orangtua dan motivasi belajar siswa perlu diperhatikan lebih mendalam secara seksama dan kerjasama antar berbagai pihak antara orangtua, guru dan siswa agar prestasi belajar siswa dapat tercipta dengan kondisi yang baik dan menjadi sumber daya manusia berdayaguna dimasa depan.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]