Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 10 MedanTahun Ajaran 2019/2020,Skripsi Prongram Studi Pendidikan Ekonomi.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 pada bulan Juli2019 dengan populasi 86 orang yang terdiri dari 3 kelas dan sampel 86 orang dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket.
Hasil perhitungan regresi linear berganda dengan menggunakan koefisien konstanta a dan b sehingga diperoleh Y = 48,396 + 0,310 X1 + 0,214 X2
Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung varibel X1 sebesar 4,642 lebih besar dari ttabel>1,663, dan thitung variabel X2 sebesar 3,025 lebih besar dari ttabel 1,663 untuk menguji hipotesis simultan ( F ) sebesar 66% lebih besar dari Ftabel 2,71. Hasil analisis selanjutnya bahwa kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini dapat menjelaskan 60,5% variasi prestasi siswa, sedangkan 39,5% sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]