dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Guru dan Manajemen Waku Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS SMA sebanyak 96 siswa. Teknik pengumpulan sampel adalah random sampling (pengambilan secara acak dengan 50% dari populasi terdiri dari 3 kelas yaitu sebanyak 48 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen angket tertutup sebanyak 20 soal untuk variabel kompetensi guru dan 21 soal untuk variabel manajemen waktu belajar siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan realiabilitas, analisis regresi berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, (2) manajemen waktu belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, (3) kompetensi guru dan manajemen waktu belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. | en_US |