Show simple item record

dc.contributor.authorAritonang, Rimson
dc.date.accessioned2019-11-18T03:56:57Z
dc.date.available2019-11-18T03:56:57Z
dc.date.issued2019-10-15
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3130
dc.description.abstractTugas akhir ini membahas rancangan sepeda listrik khususnya pada rangka atau frame sepeda listrik. Pada proses perancangan yang dibutuhkan adalah pertimbangan besarnya daya yang diperlukan, dengan menganalisa gaya-gaya yang bekerja pada sepeda listrik, salah satunya beban pengendara. Selain itu analisa bahan yang digunakan pada rangka dan kekuatan material sehingga aman untuk digunakan. Proses perancangan ini meliputi persiapan alat, serta disain sepeda listrik yang akurat agar dalam proses penggunaan sepeda nyaman untuk dikendarai dan memberikan nilai mutu yang baik untuk dikembangkan. Disain rangka sepeda listrik diambil dari jenis sepeda polygon yang sejenisnya adalah jenis rangka downhill, karena rangka jenis ini telah lama beredar di masyarakat. Dari perencanaan perhitungan kekuatan rangka, didapat beban maksimum yang diterima oleh rangka adalah 1209411.923 N.mm3, dengan tegangan tarik ijin sebesar 92.5 N/mm2, 296.9579 N/mm2 untuk bahan besi pipa oval hollow ST.37 dan 104.8368 N/mm2 untuk besi pipa persegi panjang ST.37 aman digunakan.en_US
dc.subjectSepeda listrik,en_US
dc.subjectArus Listrik Dari Baterai,en_US
dc.subjectManual dan Otomatisen_US
dc.titleMERANCANG ALAT TRANSPORTASI RAMAH LINGKUNGAN YANG DAPAT DIOPERASIKAN DENGAN DUA VARIASI (MANUAL DAN OTOMATIS) MENGGUNAKAN RANGKA SEPEDA POLYGON DENGAN SUMBER TENAGA ARUS LISTRIK DARI BATERAI “SEPEDA LISTRIK”en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record