Pengaruh Kompetensi Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Parlilitan Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajarn IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Parlilitan Tahun Ajaran 2019/2020. Data dalam metode ini diperoleh melalui angket terhadap siswa-siswi SMP Negeri 1 Parlilitan. Adapun jumlah para responden tersebut adalah 40 orang. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah Product Moment. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Validitas dan Reliabilitas, Regresi Linear Berganda, dengan uji hipotesis Uji t, Uji Simultan (f), dan uji determinasi (R2). Hasil analisis awal yang dilakukan menunjukkan bahwa indikator yang digunakan valid untuk mengukur variabel yang ada. Hasil analisis selanjutnya menujukkan bahwa kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini dapat menjelaskan 29,4% Prestasi Belajar, sedangkan sisanya sebesar 70,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji Hipotesis dapat diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 7,722. Hal ini menujukkan bahwa nilai dari Fhitung > Ftabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel. Oleh karena itu, dapat peneliti simpulkan hipotesis pada penelitian ini yaitu “Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar berpengaruh terhadap Prestasi Belajar”.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]