PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR AND SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA KONSEP PRMINTAAN DAN PENAWARAN SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
Pengunaan model pembelajaran think-pair and share (x) terhadap hasil belajar siswa (y), dimna penelitian ini dilakukan pada semester genap di SMA NEGERI 10 Medan pada siswa kelas X yang berjumlah 24 orang siswa , sehinga peneliti mengambil seluruh jumlah siswa yang akan dijadikan sebagai sample penelitian untuk mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran think-pair and share terhadap hasil belajar siswa, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTKA) yang terdiri dari dua siklus,dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan,dan begitu juga dengan siklus II yang terdiri dari 2kali pertemuan.
Untuk mengetahui pengaruh model think-pair and share terhadap hasil belajar siswa digunakan teknik pengumpulan data berupa teknik pengukuran dan teknik observasi sedangkan analisis data menggunakan anates dan perhitungan statistic dengan menggunakan rumus sehingga diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana pada siklus I hanya 15 orang siswa (62,50%) sedangkan pada siklus II terdapat 21 orang siswa (87,50%), trjadi peningkatan 25%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran think-pair and share terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 10 Medan pada konsep permintaan dan penawaran Tahun Ajaran 2018/2019
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]