dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Ujung Padang Kecamatan Aek Natas Tahun Ajaran 2019/2020. Data dalam metode ini diperoleh melalui angket terhadap siswa-siswi SMP Negeri 2 Ujung Padang Kecamatan Aek Natas. Adapun jumlah para responden tersebut adalah 40 orang. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah Product Moment. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Validitas dan Reliabilitas, Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Regresi Linear Berganda, dengan uji hipotesis Uji t, Uji Simultan (f), dan uji determinasi (R2). Hasil analisis awal yang dilakukan menunjukkan bahwa indikator yang digunakan valid untuk mengukur variabel yang ada. Hasil analisis selanjutnya menujukkan bahwa kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini dapat menjelaskan 30,5% Hasil Belajar, sedangkan 69,5% sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji Hipotesis dapat diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 8,135. Hal ini menujukkan bahwa nilai dari Fhitung > Ftabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel. Oleh karena itu, dapat peneliti simpulkan hipotesis pada penelitian ini yaitu “Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar”. | en_US |