Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 L. Pakam Tahun Pembelajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model explicit instruction terhadap kemampuan menulis pantun siswa Kelas VII SMP Negeri 2 L. Pakam Tahun Pembelajaran 2018/2019.jumlah populasi yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 195 orang. Dari jumlah keseluruhan siswa tersebut maka sampel yang akan diambil dari populasi berjumlah 32 siswayang akan dipilih menggunakan cluster sampling.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimendengan desain esksperimen one group pretest postest. Instrumen penelitian ini berupa tes subjektif yang dilakukan dua kali yakni pada pretest dan postest. Sebelum melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan pengujian data, kemudian uji persyaratan analisis (normalitas dan homogenitas).
Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan pada pretest dengan mean 55,3, standar deviasi 12,19 dan standar error 2,19. Uji normalitas pretest Lhitung < Ltabel ( 0,1364 <1566) keduanya normal. Kemudian data homogen uji hipotesis hasil thitung > ttabel (4,82> 1,69), maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan hal di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII-3 di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2018/2019.