Show simple item record

dc.contributor.authorBr. Simorangkir, Ristina
dc.date.accessioned2019-11-15T07:11:34Z
dc.date.available2019-11-15T07:11:34Z
dc.date.issued2019-09-20
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3069
dc.description.abstract(II). Hersakso Sinurat M.Div Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode PAIKEM terhadap Prestasi belajar siswa di kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan metode PAIKEM . Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan populasi terdiri dari 3 kelas. Sampel diambil dari populasi sebanyak dua kelas yang memiliki nilai rata-rata yang tidak jauh berbeda. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah pilihan berganda yang telah divalidkan. Hasil penelitian rata-rata pretes kelas eksperimen 37,66 dan rata-rata kelas kontrol 73,33. Perhitungan uji t diperoleh t_hitung= 0,51 <t_tabel=2,00 pada taraf signifikan 0,05 ini berarti tidak ada perbedaan kemampuan awal kedua kelas. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata pretest kontrol 35,67 dengan standar deviasi 13,040 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 63,83 dengan standar deviasi 12,37. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel populasi terdistribusi normal dan homogen. Selanjudnya dilakukan uji t satu pihak (α = 0,05). Dengan kata lain metode PAIKEM terhadap prestasi belajar siswa pendidikan agama kristen kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan T.P. 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan efektifitas metode PAIKEM sebesar 42,18%.en_US
dc.subjectmetode PAIKEM terhadap Prestasi belajar siswaen_US
dc.titlePengaruh Metode PAIKEM Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan T.A 2019/2020en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record