Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap kemampuan Siswa Menulis Biografi Pahlawan Di Kelas X SMA Mulia Pratama Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Abstract
Menulis Biografi Pahlawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruhmedia Gambar terhadap Kemampuan Siswa Menulis Biografi Pahlawan Di kelas X SMA Mulia Prtama Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan populasi yang berjumlah 116 dan sampel berjumlah 29 siswa pada setiap kelas X SMA Mulia Pratama Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif atau juga disebut dengan metode discovery, yaitu menentukan dan menganalisis data dengan konkret atau empiris, objektif, terukur, rasional dan sistematis dengan memaparkan kejadian pada dua variabel yang diteliti. Sesuai dengan metode kuantitatif ini yang berusaha menyajikan data dalam suatu penelitian yang sedang berlangsung.
Perhitungan hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji “t” pada taraf signifikan 5% dengan dk=(N^1+N^2 )-2=56. Dari data perhitungan t_hitung>t_tabel yaitu 11,44>1,93.Oleh karena itu, hipotesis nihil (H_o) ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis biografi pahlawan di kelas X SMA Mulia Pratama Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.