STUDI DESKRIPTIF SELF-REGULATED LEARNING MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI STAMBUK 2016 UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan self-regulated learning mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen stambuk 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 46 mahasiswa dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa skala kemampuan self-regulated learning dan wawancara. Uji coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabelitas. Uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach dan menghasilkan reliabelitasskala kemampuan self-regulated learning sebesar 0,940. Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kemampuan self-regulated learning pada mahasiwa Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen stambuk 2016 secara keseluruhan berada pada kategori sedang, yaitu dengan perolehan kemampuan self-regulated learning dalam kategori sedang yakni dari 46 mahasiswa ada 36 mahasiswa (78,3%). Hasil analisis data berdasarkan aspek ditemukan kemampuan self-regulated learning mahasiswa yang paling rendah ada pada aspek motivasi. Hasil analisi pada setiap aspeknya yakni: 1) pada aspek metakognitif berada pada kategori sedang dengan jumlah 33 mahasiswa (71,7%); 2) pada aspek motivasi berada pada kategori rendah dengan jumlah 41 mahasiswa (89,1%); 3) pada aspek perilaku berada pada kategori sedang dengan jumlah 27 mahasiswa (58,7).
Collections
- Ilmu Psikologi [287]