PENGARUH FRAMING EFFECT, KOMPENSASI, DAN SELF EFFICACY TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA IBU RUMAH TANGGA DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh framing effect, kompensasi, dan self efficacy baik secara parsial dan simultan terhadap pengambilan keputusan investasi pada ibu rumah tangga di Kota Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang berdomisili di Kota Medan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang akan dibagikan secara langsung kepada ibu rumah tangga. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria seorang ibu rumah tangga dan berdomisili di Kota Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang ibu rumah tangga. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear sederhana dengan SPSS 19,0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel framing effect tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi hal ini berarti framing effect tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi. Pada variabel kompensasi menunjukkan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi hal ini berarti kompensasi tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi. Pada variabel self efficacy berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi. Sehingga framing effect, kompensasi, dan self efficacy tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi. Hal ini berarti Framing effect, kompensasi, dan self efficacy tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi. Dalam penelitian ini peneliti menganggap bahwa ibu rumah tangga yang berdomisili di Kota Medan mengambil keputusan investasi menyisihkan sebahagian dana untuk keperluan dimasa mendatang.
Collections
- Akuntansi [1723]