dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana di kelas VIII semester I SMP Negeri 37 Medan T.P.2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Quasi experiment dengan desain penelitian Two Group Pretets-Potstest Design. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 240 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa.
Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 60,167 dengan standar deviasi 11,408 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 53,5 dengan standar deviasi 14,631. Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α=0,05 dan dk=46 diperoleh thitung=7,76 dan ttabel=1,674 dengan thitung>ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana di Kelas VIII semester I SMP Negeri 37 Medan T.P. 2019/2020. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y ̂ = 6,19 + 0,95 X. | en_US |