Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi tekanan kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain penelitian Pretets-Potstest Control Group Design. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 320 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Clauster Random Sampling yaitu kelas VIII10 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII9 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa.
Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 62,67 dengan standar deviasi 15,41 dan nilai rata-rata postes kelas control 55,89 dengan standar deviasi 13,61. Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas control untuk α=0,05 dan dk=56 diperoleh thitung=1,76 dan ttabel=1,672, dengan thitung>ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi tekanan di Kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019. Sedangkan hubungan masing-masing variable diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y ̂ = 3,88 + 0,96 X. Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11,95% (Sangat Kurang).
Collections
- Pendidikan Fisika [122]