dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi Pesawat Sederhana di kelas VIII Semester I SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun Pelajaran . 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan desain penelitian Pretets-Potstest Control Group Design. Dengan populasi Penelitianyaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas ara acak dan di lakukan pretest terhadap kedua kelas dan diperoleh nilai rata-rata yang tidak jauh berbeda, sehingga Kelas VIII2sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pilihan berganda.
Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 46,48 dengan standart deviasi 13,36 dan pretest kelas kontrol 46,43 dengan standar deviasi 14,07, sehingga dapat di simpulkan bahwa kemampuan awal kedua kelas di anggap sama dan setelah di lakukan perlakukan yang berbeda maka postes kelas eksperimen 63.15 dengan standar deviasi 14,49 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 55,89 dengan standar deviasi 13,61.Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol dk=55 diperoleh thitung=21,99dan ttabel=1,67, dengan thitung>ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbingterhadap hasil belajar siswa pada materi Pesawat Sederhana di Kelas VIII semester I SMP Swasta Padang Bulan Medan T.P. 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan efektifitas model pembelajaran Inkuiri Terbimbing sebesar 16,67 % | en_US |