• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK-1 Swasta Tamansiswa Pematangsiantar Tahun Ajaran 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Tetty.pdf (122.0Kb)
    Date
    2013-10-23
    Author
    Sipayung, Tetty Faridani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan peneliti ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas x pada mata pelajaran akuntansi di SMK-1 Swasta Tamansiswa Pematangsiantar Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMK-1 Swasta Tamansiswa Pematang siantar Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK di SMK-1 Swasta Tamansiswa Pematangsiantar Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 80 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dimana kelas I AK 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 40 orang yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dan kelas I AK 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 40 orang yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensiaonal. Rancangan yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan berganda untuk soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Dari hasil analisis data diperoleh nilai mean tes hasil belajar siswa kelas control 67,25 dengan standar deviasi 10,25 dan nilai mean kelas eksperimen 78,125 dengan standar deviasi 10,95. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Lilliefors dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk (n1 + n2) pada α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh t_hitung= 4,53 dan t_tabel = 1,673. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan t_hitung >〖 t〗_tabel yaitu 4,53 >1,673 dengan kata lain H_0 ditolak H_1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam Pengaruh Model Pembelajara Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X AK SMK-1 Swasta Tamansiswa Pematangsiantar Tahun Ajaran 2013/2014.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/272
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [281]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback