Show simple item record

dc.contributor.authorSIAGIAN, POSMA WAHYUNI
dc.date.accessioned2018-03-12T01:24:15Z
dc.date.available2018-03-12T01:24:15Z
dc.date.issued2014-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/271
dc.description.abstractMasalah dalam penilitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan model pmbelajaran konvensional yang dipakai guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII yang diajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw dan diajarkan dengan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula. Penelitian ini dilakasanakan di SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula dengan populasi yang terdiri dari enam (6) kelas secara keseluruhan yang berjumlah 163 siswa pengambilan sampel dilakukan secara random sampling yaitu kelas VIII-2 sebanyak 29 siswa, sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII5 sebanyak 29 sebagai kelas kontrol, jadi sampel peneliti berjumlah sebanyak 58 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa berbentuk essay tes yang sudah baku yang dikutip dari buku teks sehingga validitas dan reabilitas telah teruji. Hasil analisis data merupakan nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen = 75,68 dengan SD = 10,58 dan nilai rata-rata pos-test siswa kelas kontrol = 70,17 dengan SD = 9,30. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar = 2,12 sedangkan ttabel sebesar 1,678 pada taraf α = 0,05 dan interval kepercayaan = 95% dengan dk = 56 dengan demikian thitung > ttabel yaitu 2,12 > 1,678 berarti hipotesis alternatif atau Ha diterima dan Ho ditolak berarti ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara model kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil perhitungan di atas bahwa ada pengaruh hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula T.P 2014/2015.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula TP 2014/2015.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record