Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang di Kelas VIII Semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2018/2019
Abstract
masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau quasi exsperiment dengan desain penelitian Pretets-Potstest Control Group Design. Pengambilan Sampel dalam penelitian menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas VIII1 sebagai Kelas eksperimen menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik sedangkan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes pilihan berganda soal-soal fisika pada materi getaran dan gelombang sebanyak 15 soal item untuk menentukan hasil belajar siswa sebelum dan setelah perlakuan. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 62,65 dengan standar deviasi 12,30 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 55,95 dengan standar deviasi 13,24. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji-t satu pihak (α=0,05). Dari hasil uji-t satu pihak disimpulkan terdapat pengaruh signifikan model discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di Kelas VIII semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2018/2019 dengan persamaan regresi Y=7,775+0,889X. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi aktivitas siswa dan diperoleh hasil akhir dengan kategori rata-rata cukup baik.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]