Hubungan Teknik Mengulang Pelajaran Ekonomi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Katolik Sibolga Tahun Ajaran 2013/2014.
Abstract
Latar belakang dalam hal ini yaitu. Hubungan Teknik Mengulang Pelajaran Ekonomi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Katolik Sibolga Tahun Ajaran 2013/2014. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada, Hubungan Teknik Mengulang Pelajaran Ekonomi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Katolik Sibolga Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Teknik Mengulang Pelajaran Ekonomi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Katolik Sibolga Tahun Ajaran 2013/2014.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Katolik Sibolga Tahun Ajaran 2013/2014 dengan populasi adalah seluruh kelas XII IPS dan jumlah sampel 60 orang. Analisis data yang digunakan regresi linier sederhana. Persamaan garis linear Y = 101,4 + 0,350X. Dari hasil regresi linear sederhana terdapat pengaruh positif dan signifikan. Koefisien determinasi dari hasil analisis sebesar 0,33 artinya bahwa hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan teknik mengulang pelajaran ekonomi memberi hubungan sebesar 33% terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Katolik Sibolga, sedangkan sisanya sebesar 67% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji t regresi, diperoleh t_hitung= 9,190 > t_tabel = 1,67 pada taraf signifikan 95% dengan 5% dengan dk=n-1
Untuk menguji Korelasi dalam penelitian ini diuji dengan dengan r hitung diperoleh t_hitung=(0.770 >0.254)
Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan hubungan teknik mengulang pelajaran ekonomi dengan prestasi belajar siswa Tahun Ajaran 2013/2014 dapat diterima.
Dengan demikian disarankan kepada guru agar lebih meningkatkan belajar pembelajaran melalui teknik mengulang pelajaran sebagai sumber belajar agar prestasi siswa semakin meningkat.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]