HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TUTOR DENGAN PENDEKATAN BELAJAR PADA MAHASISWA DALAM DISKUSI TUTORIAL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
Abstract
Latar Belakang : Salah satu metode pembelajaran yang banyak diterapkan di Fakultas Kedokteran adalah diskusi tutorial dengan metode Problem Based Learning (PBL). Tingkat keberhasilan belajar mahasiswa dapat dipengaruhi oleh metode pendekatan belajar (learning approach) yang digunakan.
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa terhadap tutor dengan pendekatan belajar pada mahasiswa dalam diskusi tutorial PBL di Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen (FK UHN).
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain cross-sectional. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun 1,2 dan 3 FK UHN yang aktif mengikuti tutorial. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Persepsi mahasiswa terhadap tutor diukur dengan kuesioner Short Tutor Evaluation dan pendekatan belajar mahasiswa diukur dengan kuesioner R-SPQ-2F. Uji statistik dilakukan dengan menggunakan uji fisher exact.
Hasil Penelitian : Sebanyak 161 (96%) kuesioner terkumpul dalam penelitian ini dari 47 (29,2%) responden laki-laki dan 114 (70,8%) responden perempuan. Sebanyak 122 (75,8%) mahasiswa memiliki persepsi yang baik terhadap tutornya. Sebanyak 151 (93,8%) mahasiswa memiliki pendekatan belajar mendalam. Hubungan persepsi mahasiswa terhadap tutor dengan pendekatan belajar pada mahasiswa dalam diskusi tutorial PBL di Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen menunjukkan nilai p sebesar 0,257 (p>0,05).
Kesimpulan : Penelitian ini menyatakan tidak terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap tutor dengan pendekatan belajar pada mahasiswa dalam diskusi tutorial PBL di Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen. Peneliti selanjutnya perlu memperhitungkan faktor kepribadian tutor dalam pendekatan belajar pada mahasiswa.
Collections
- Pendidikan Dokter [414]