dc.description.abstract | Pendidikan tinggi sebuah institusi yang menghasilkan lulusan setiap jurusan saat ini dituntut tidak hanya menghasilkan yang menguasai kemampuan dibidang akademik, tetapi juga mempunyai kemampuan yang bersifat teknis analisis dalam bidang humanistic skill dan profesional skill sehingga mempunyai nilai tambahan dalam bersaing didunia kerja.Terlebih lagi, perguruan tinggidituntut untuk mampu mencetaklulusan yang memiliki kualitas sesuaidengan kebutuhan pengguna. Haltersebut menjadi sebuah tantanganbagi setiap perguruan tinggi, sehinggapara civitas akademika diarahkan untuk mampu mengaktualisasikan dirinya secara professionalberdasarkan tugasnya masing-masing.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh kecerdasan emosioanl terhadap prestasi akademikMahasiswa Program Studi Matematika Fakultas KeguruandandanIlmuPendidikanUniversitas HKBP Nommensen Medan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik. Setelah dilakukan uji hipotesis bahwa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik adalah sebesar 0,008. Artinya kecerdasan emosional memberikan kontribusi terhadap prestasi akademik hanya sebesar 0,8%, sedangkan sisanya sebesar 99,2% dipengaruhi oleh faktor lain. | en_US |