KORELASI TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE DENGAN PENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA PADA KELOMPOK TUTORIAL PBL DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Latar Belakang : Salah satu metode pembelajaran yang banyak diterapkan di fakultas kedokteran adalah diskusi tutorial dengan metode Problem Based Learning (PBL). Tingkat keberhasilan belajar mahasiswa dapat dipengaruhi oleh metode pendekatan belajar yang digunakan. Salah satu faktor yang mempengaruhi pendekatan belajar mahasiswa adalah kepribadian.
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi dari masing-masing tipe kepribadian Big Five dengan pendekatan belajar mahasiswa pada kelompok tutorial PBL di Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan.
Metode Penelitian : Penelitiaan ini merupakan penelitian analitik korelasi dengan desain cross-sectional. Responden dalam penelitian ini mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan yang merupakan populasi total dari seluruh mahasiswa yang aktif mengikuti tutorial di Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya.
Hasil Penelitian : Sebanyak 163 kuesioner terkumpul dalam penelitian ini terdiri dari 47 (28,8%) responden laki-laki dan 116 (71,2%) responden perempuan di Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan. Tipe kepribadian extraversion, agreeableness, conscientiousness, dan openness to experience mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan sebagian besar memiliki nilai diatas rata-rata dan tipe kepribadian neuroticism mahasiswa sebagian besar memiliki nilai di bawah rata-rata. Pendekatan belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan paling banyak pada kategori deep learning approach. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara tipe kepribadian Big Five dengan pendekatan belajar mahasiswa pada kelompok tutorial PBL di Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan.
Kesimpulan : Penelitian ini menunjukkan tipe kepribadian Big Five memiliki korelasi yang signifikan dengan pendekatan belajar pada mahasiswa. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kepribadian mana yang paling berpengaruh terhadap pendekatan belajar pada mahasiswa.
Collections
- Pendidikan Dokter [415]