PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Zat dan Wujudnya di kelas VII Semester di SMP Negeri 2 Siantar T.A 2017/2018.
Jenis Penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 6 kelas dengan sampel kelas VII sebagai kelas ujicoba yang berjumlah 32 orang yang diambil dengan cara random sampling yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumllah 20 soal yang terdiri dari 4 pilihan jawaban , dan semua soal yang diberikan harus berkategori valid.
Sebelum diberikan perlakuan kelas uji coba diberi pretes untuk mengetahui kemampuan awal siswa yang diperoleh nilai rata-rata pretes adalah 43,28. Setelah diberikan perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh nilai rata-rata postes adalah 73,13. Setelah diperoleh rata-rata N-Gain skor siswa adalah 0,52 dengan kategori sedang. Hasil Pengamatan pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing telah dilakukan pada tiap tahapan pembelajaran dengan baik . Sehingga diperoleh kesimpulan ada Pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Zat dan Wujudnya terhadap hasil belajar siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Siantar T.A 2017/2018.