dc.contributor.author | Situmorang, Adi Suarman | |
dc.date.accessioned | 2019-07-22T03:15:36Z | |
dc.date.available | 2019-07-22T03:15:36Z | |
dc.date.issued | 2015-09-05 | |
dc.identifier.citation | - | en_US |
dc.identifier.isbn | 979 458 757-5 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2608 | |
dc.description | Merupakan hasil Penelitian dosen Pemula | en_US |
dc.description.abstract | Usaha yang perlu mendapat perhatian pada tujuan pendidikan Nasional adalah melakukan inovasi model pembelajaran berbasis masalah untuk menjadikan pembelajaran matematika lebih bermakna, komunikatif dan memotivasi mahasiswa belajar matematika secara optimum sehingga mampu meningkatkan kemampuan kreativitas mahasiswa di universitas HKBP Nommensen. Penelitian bertujuan untuk (1) menghasilkan model pembelajaran berbasis masalah inovatif melalui pemilihan media yang dapat dipergunakan oleh dosen untuk menggalakkan kemampuan kreativitas matematis mahasiswa, (2) memperbaiki cara penilaian dosen dengan memperhatikan keterampilan kreativitas matematis, di samping kemampuan kognitif melalui penilaian autentik mendukung pelaksanaan pembelajaran matematika sekaligus untuk memperbaiki cara belajar, cara berpikir, cara bekerjasama, dan menjadi diri sendiri sehingga dapat menyesuaikan diri dalam pembelajaran matematika. Penelitian dilakukan di Kota Medan pada Tanhun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah multi metode, diawali metode survei terhadap perkuliahan himpunan dan logika, dilanjutkan dengan inovasi mata kuliah dan pembuatan media pembelajaran yang inovatif, dan dilakukan penerapan model pembelajaran kontekstual dan menggunakan media dalam penyampaian materi pelajaran. Materi pelajaran dan juga diperkaya dengan media pembelajaran matematika yang menarik sesuai dengan mata kuliah sesuai dengan karakteristik mahasiswa. Tahapan selanjutnya adalah melakukan evaluasi terhadap keefektifan dan keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran inovatif untuk menggalakkan kemampuan kreativitas matematis mahasiswa dalam bidang penyelesaian soal-soal matematika yang sesuai dengan pokok bahasan yang diajarkan. Hasil penelitian diperoleh: (1) Bahan ajar dari model pembelajaran berbasis masalah yang inovatif yang dilengkapi dengan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi Mahasiswa sehingga pembelajaran menarik dalam mengajar sehingga efektif meningkatkan kemampuan kreativitas matematis, (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perbandingan untuk setiap peningkatan ratarata kemampuan kreativitas adalah 31,561dan 30,623 untuk pembelajaran berbasis masalah serta 34,553 dan 32,264 untuk pembelajaran berbasis masalah dan bahan ajar yang inovatif dengan p-value (2-tailed) adalah 0. | en_US |
dc.description.sponsorship | Universitas HKBP Nommensen dan Kemenristekdikti | en_US |
dc.publisher | USU Pres 2015 | en_US |
dc.relation.ispartofseries | ISBN 979 458 757-5;- | |
dc.subject | Inovasi Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Menggunakan Media, Kemampuan Kreativitas Matematis. | en_US |
dc.title | INOVASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS MATEMATIS MAHASISWA PADA PENGAJARAN HIMPUNAN DAN LOGIKA | en_US |
dc.title.alternative | PROSIDING Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi 2015 (SNITI 2015) | en_US |
dc.type | Article | en_US |