dc.contributor.author | Situmorang, Adi Suarman | |
dc.date.accessioned | 2019-07-19T10:05:07Z | |
dc.date.available | 2019-07-19T10:05:07Z | |
dc.date.issued | 2016-08-22 | |
dc.identifier.citation | Model Pembelajaran Inovatif | en_US |
dc.identifier.other | - | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2606 | |
dc.description | - | en_US |
dc.description.abstract | ABSTRAK
Pelatihan ini dilaksanakan untuk membatu para guru-guru yang ada di
kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang mampu mengatasi segala permasalahan
yang dihadapi terkait dengan predikatnya sebagai guru yang profesional yang
telah diterimanya. sebagaimana yang tertera dalam Surat No.134/86/02/DS/2015.
Permohonan Guru-Guru Kecamatan Beringin ini diwakili oleh kepala sekolah SD
Negeri No. 101917 Aras Kabu dan dilaksanakan mulai bulan juni sampai agustus 2016.
Kegiatan yang dilakukan adalah: 1) Memperkenalkan serta menjelaskan apa itu model
pembelajaran, metode pembelajaran, pendekatan pembelajaran, teknik pembelajaran,
dan media pembelajaran; 2) Melatih guru-guru target dalam membuat rencana program
pembelajaran (RPP) dan bahan ajar berdasarkan model pembelajaran yang akan
digunakan; 3) Melatih guru-guru target dalam memilih model pembelajar yang cocok
dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan; 4) Melatih guru target menginovasi
model pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Adapu tujuan
dari pelatihan ini adalah: 1) Menjadikan guru target menjadi guru-guru yang profesional
yang seutuhnya; 2) Menjadikan guru target mampu mengembangkan proses
pembelajaran di kelas dengan menginovasi sendiri model pembelajarannya yang akan
diterapkan dalam proses pembelajaran; 3) Menjadikan gurutarget mampu membuat
rancangan program pembelajaran (RPP) dan bahan ajar sendiri sesuai dengan model
pembelajaran yang digunakan. Hasil yang diperoleh dalam pelatihan ini adalah: 1)
100% guru-guru target di Kecamatan Beringin sudah paham dan mengerti serta
berusaha menjadi guru-guru yang profesional yang seutuhnya sesuai dengan predikat
guru yang tersertifikasi. 2) 95% guru target mampu mengembangkan proses
pembelajaran di kelas dengan menginovasi sendiri model pembelajarannya yang akan
diterapkan dalam proses pembelajaran; 3) 100% guru-guru target mampu membuat
rancangan program pembelajaran (RPP) dan bahan ajar sendiri sesuai dengan model
pembelajaran yang digunakan. 4) Pandangan negatif dari masyarakat dan orang tua
murid terhadap kemampuan guru-guru yang ada di kecamatan beringin sudah mulai
berkurang. | en_US |
dc.description.sponsorship | Universitas HKBP Nommensen | en_US |
dc.publisher | LPPM Universitas HKBP Nommensen | en_US |
dc.relation.ispartofseries | -;- | |
dc.subject | Model Pembelajaran Inovatif, Guru Profesional | en_US |
dc.title | Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas HKBP Nommensen | en_US |
dc.title.alternative | - | en_US |
dc.type | Article | en_US |