Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapan (SiManTap 2014)
Abstract
Masalah pemahaman konsep adalah suatu masalah yang sangat penting untuk penyelesaian permasalahan matematika, khususnya matakuliah Aljabar II. Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa yang selama ini masih rendah, diperlukan suatu desain model pembelajaran yang tepat. Untuk itulah penelitian ini akan dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP-UHN dengan cara mengajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran Prolem based instruction (PBI) yang telah didesain untuk meningkatkan pemahaman konsep. Penelitin ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan. Waktu pelaksanaan penelitian adalah semester ganjil tahun ajaran 2014/2015, Dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan. Sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen yang mengikuti matakuliah Himpunan dan Logika sebanyak 3 kelas. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Modul dari model pembelajaran berbasis masalah yang inovatif yang dilengkapi dengan media pembelajaran yang dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematisyang dapat merangsang kemampuan berpikir kreatif sesuai tuntutan kurikulum tahun 2013.
Collections
- Lain-lain [137]