dc.description.abstract | Pendidikan secara formal seperti di perguruan tinggi memiliki peran penting untuk menghasilkan individu yang mandiri, bermartabat, tangguh serta kreatif. Untuk mencapai suatu tujuan daripada belajar yang dilaksanakan oleh setiap mahasiswa, maka dalam meraihnya butuh suatu usaha yang tekun dan giat dalam belajar, maka akan tercapai suatu tujuan yang dimana akan ada sutau prestasi yang dicapai, kemudian untuk mencapai prestasi tersebut butuh suuatu proses dukungan maupun dari dalam atau dari luar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan atribusi dengan prestasi akademik pada mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu skala atribusi Ormrod (2008) dan yang disebarkan kepada 320 subjek. Analisa data yang digunakan adalah teknik Pearson Product Moment.
Hasil data deskriptif dari penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara Atribusi dengan Prestasi Akademik dengan nilai signifikansinya 0,000 dan nilai Pearson Product Moment sebesar 0,5 atau 5%. Dengan adanya hubungan positif yang lebih tinggi dimana semakin tinggi atribusi semakin tinggi prestasi akademik. Hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan ada hubungan atribusi dengan prestasi akademik secara siginifikan. | en_US |