dc.contributor.author | Juliper, Nainggolan | |
dc.contributor.author | Parlindungan, Sitorus | |
dc.date.accessioned | 2018-03-10T02:45:26Z | |
dc.date.available | 2018-03-10T02:45:26Z | |
dc.date.issued | 2017-03 | |
dc.identifier.issn | 2356-2595 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/257 | |
dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan
tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Fisika pada mata kuliah Fisika
Dasar I melaluimodel pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media
pembelajaran Physics Education Technology (PhET) T.A. 2016/2017. Subjek Penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa program studi Fisika angkatan 2016. Universitas HKBP Nommensen
Medan.Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share (TPS) berbantuan media Physics Education Technology (PhET) pada materi Gerak
Parabola, Usaha dan Energi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil
belajar dan lembar observasi aktivitas mahasiswa yang telah divalidkan. Setelah data terkumpul
dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisis data : Terdapat peningkatan nilai rata – rata
kelas dari tes awal ke siklus I dan dari siklus I ke Siklus II sebesar 22,0 menjadi 71,4 dan dari
71,4 menjadi 78,8. Peningkatan aktivitas belajar mahasiswa juga meningkat dari 69,5 menjadi
80,2 pada siklus 2.Dari hasil analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Kooperatif TipeThink Pair Share (TPS) berbantuan media pembelajaran Physics Education
Technology (PhET) mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Fisika pada mata
kuliah Fisika Dasar I T.A. 2016/2017 | en_US |
dc.description.sponsorship | Program Studi Pendididkan Fisika FKIP Universitas HKBP Nomensen | en_US |
dc.publisher | JURNAL Suluh Pendidikan FKIP-UHN | en_US |
dc.subject | TPS | en_US |
dc.subject | PhET | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR I MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJAR THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PHET) T.A. 2016/2017. | en_US |
dc.type | Article | en_US |